Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak


Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Pensil merupakan salah satu alat tulis yang biasa digunakan untuk menulis atau menggambar. Pensil juga dibutuhkan untuk menggambar dasar atau sketsa. Salah satu pensil terbaik berkualitas untuk anak yaitu Staedtler.

Staedtler pensil terbaik untuk anak

STAEDTLER adalah salah satu merk pensil terbaik di dunia untuk menulis dan menggambar keluaran Jerman. Penjualan Pensil merk Staedler mampu mencapai hampir ke seluruh belahan dunia sehingga menjadi pensil untuk menulis paling berkualitas no satu di dunia sampai sekarang. Di Indonesia sendiri alat tulis Staedler didistribusikan oleh PT ASABA nama perusahaan alat tulis yang paling terkenal di Indonesia. Hingga saat ini Staedler pensil telah mengeluarkan banyak varian alat tulis berkualitas tinggi baik untuk menulis ataupun menggambar dimana varian-varian staedtler tersebut sangat disukai anak karena terbuat dari campuran beberapa bahan berkualitas dan banyak kelebihannya.

Staedtler Pensil Terbaik di Dunia 

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak
Johann Sebastian Staedtler warga negara Jerman adalah orang pertama sebagai pionir yang memiliki ide untuk membuat pensil terbaik seluruh dunia. Dia pun telah banyak memberikan inspirasi kepada banyak  orang di dunia.  Pada tahun 1866, penjualan STAEDTLER semakin meluas ke beberapa Negara besar di dunia, termasuk Austria, Prancis, Inggris, Italia, Rusia, Amerika dan Timur. JS Staedtler mendapatkan penghargaan atas kinerja dan kualitas pensil yang luar biasa dengan penghargaan dan medali kehormatan di Nuremberg, London dan Paris. Sekitar tahun 1840, J.S. Staedtler telah mampu membuat 63 varian pensil. Pada 1866, perusahan memperkerjakan 54 karyawan dan berhasil memproduksi 15.000 gross (2.160.000 batang pensil) per-tahun

Distributor Staedtler di Indonesia

Staedtler di Indonesia didistribusikan kepada PT ASABA yang sejak lama telah mengembangkan penyediaan alat tulis seperti stationary, Copier dan Solusi Dokumen, Manajemen Data & Keamanan Kantor, Perlengkapan Komputer, Digital Printing, Survey Systems, dan lain-lain. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia, PT ASABA telah mengembangkan efisien dan sukses penjualan dan kantor distribusi di kota-kota besar di Indonesia: Jakarta (Head Quarter), Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Balikpapan. PT ASABA juga memiliki subdistributor yang luas dan jaringan reseller di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Varian Staedtler Pensil Terbaik

Pensil Staedtler sangat berkualitas banyak variannya, tapi kita sederhanakan saja dulu yaitu pensil biasa untuk menulis, dan pensil warna untuk menggambar. Untuk menggambar dengan pensil biasa, pilihlah varian pensil yang tentu saja tidak mudah patah, dan nyaman digunakan. Kita bisa memilih pensil Staedtler untuk tingkat ketebalannya bisa kita sesuaikan. Walaupun saya membutuhkan tingkat ketebalan yang berbeda ketika menggambar, tetapi saya jarang menggunakan seluruh tingkatan pensil yang berbeda (HB, B, 2B, 3B.. dst.), saya terkadang hanya menggunakan pensil 2B dan 6B/8B untuk tingkat ketebalan tertentu.

Beberapa sebab Staedtler Pensil berkualitas tinggi yaitu:

  • Bentuknya yang simetris: Dalam arti, bentuk pensil yang tidak berlekuk-lekuk atau banyak lekukan. Pasalnya, pensil dengan bagian batang yang banyak lekukan tentu saja akan mudah patah. Lagipula dalam menggambar dengan pensil juga membutuhkan teknik memegang pensil yang benar. Oleh karena itu, cara memegang pensil harus menyesuaikan dengan bentuk pensil tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memegang pensil dengan baik dan benar tanpa adanya kesulitan yang berarti.
  • Batang kayu yang bagus: Kriteria cara memilih pensil berikutnya, yaitu pada batang kayunya. Ada beberapa merk pensil yang memiliki batang kayu yang mudah lapuk dan patah. Tentu saja pensil seperti itu kualitasnya rendah. Anda harus memilih pensil dengan batang kayu yang keras, teksturnya padat, sehingga tidak mudah patah saat digunakan. Pensil seperti itulah yang cocok untuk menggambar sketsa karena lebih kuat, tidak mudah patah, serta lebih tahan lama saat dipakai sehari-hari untuk menggambar. Jika Anda memilih pensil dengan batang kayu yang mudah patah, sama saja menghabiskan waktu hanya untuk meraut pensil tersebut.
  • Isi pensil yang hitam legam: Memang secara khusus, pensil dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, yang bisa dilihat dari ketebalan isinya saat dipakai. Semakin tinggi kriterianya, maka semakin hitam dan legam warna isinya. Anda pun bisa memilihnya yang sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya, saat menggambar sketsa, Anda bisa memilih pensil dengan warna yang sedang agar tebal tipis dari gambar tersebut bisa terlihat. Namun demikian, secara umum Anda perlu memiliki pensil dengan isi pensil yang benar-benar hitam untuk tujuan tertentu dalam menggambar.
  • Panjang dan diameter pensil yang sewajarnya: Pensil untuk menggambar sketsa perlu memiliki panjang dan diameter yang normal atau sewajarnya. Dalam arti, panjang dan diameternya pas untuk dipegang di tangan. Dengan begitu, Anda yang ingin menggambar bisa memegang serta mencoretkan garis-garis dalam sketsa dengan baik dan benar. Pilihlah pensil dengan kriteria seperti itu untuk menghasilkan gambar sketsa yang berkualitas.

Bahan Staedtler Pensil

Grafit adalah bahan komponen kunci dari bahan staedtler pensil. Formulasi campuran bahan dasar Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak yang kita kenal sekarang terdiri atas kayu dan isi pensil (lead). kualitas kayu sangat mempengaruhi kualitas sebuah pensil. sebaiknya kayu yang dipakai batangnya berukuran sedang dan ringan. kayunya berserat lurus agar mudah dikerat dan permukaannya halus serta tidak mudah bengkok. selain itu juga warnanya agak kemerahan, bersih, dan terang. jenis kayu yang biasa dipakai untuk membuat pensil adalah agathis, jelutung, melur, pinus, dan pulai.

Bahan kayu yang akan dipakai untuk membuat staedtler pensil akan dikeringkan terlebih dahulu dan dipotong-potong menjadi balok pensil. kemudian balok pensil ini dipotong-potong lagi menjadi lempengan pensil (slat). sebelum dibuat menjadi pensil, slat itu diberi lilin (wax) dan diberi warna (stain).

Adapun isi pensil (lead) yang sekarang digunakan adalah campuran grafit dan tanah liat, yang terbagi atas hitam (black lead) dan berwarna (color lead). keras tidaknya isi pensil dibuat dengan mengatur jumlah tanah liat yang dicampur. kalau kita perhatikan pada beberapa ujung atas pensil, biasanya tercantum tulisan f, h, hb, atau 2b. tulisan ini menandakan keras tidaknya isi pensil yang dipakai. tulisan f dipakai untuk isi pensil yang sangat keras sehingga pensilnya dapat diraut menjadi sangat tajam (f = fine point). tulisan h juga dipakai untuk isi pensil yang keras (h = hard).

Nah demikianlah informasi Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak, jika kita akan menggunakan pensil warna / lukisan pensil warna. Pensil warna apa yang bagus? Saya pernah mencoba melukis dengan pensil warna merek LUNA dari STAEDTLER, goresannya tebal, warnanya jelas mudah di hapus, dan enak di gunakan.